Agrowisata Sondokoro

agrowisata sondokoro
Image : Wahyu Wijaya

Karanganyar memang memiliki sejuta tempat wisata yang tidak kalah menarik dari kota-kota disekitarnya. Salah satu tempat wisata yang sangat cocok untuk liburan keluarga adalah Agrowisata Sondokoro. Tempat wisata ini memiliki sejarah yang panjang. Sebelum Anda ke sana alangkah baiknya mengetahui sejarahnya terlebih dahulu.

Sejarah Singkat Agrowisata Sondokoro

Tempat wisata ini awalnya merupakan sebuah pabrik gula yang sudah beroperasi dari tahun 1871 sampai sekarang. Pada tahun 2006 tempat ini resmi dibuka untuk umum sebagai destinasi wisata. Nama Sondokoro sendiri diambil dari nama desa.

Terdapat legenda yang berkembang di masyarakat mengenai nama itu. Dahulu kala ada 2 kyai yang bernama Sondo dan Koro. Mereka bertarung untuk memperbutkan menantu untuk anak perempuannya.

sejarah sondokoro
Image : Berty James

Pertarungan berakhir seri karena mereka berasal dari perguruan yang sama dan nama kedua kyai ini dijadikan nama sebuah desa. Namun seiring berkembangnya masa, nama tersebut diubah menjadi Tasikmandu oleh KGPAA Mangkunegoro IV. Perubahan ini bertujuan supaya pabrik gua yang juga Agrowisata Sondokoro menjadi pengharapan dan menghasilkan berkah seperti madu untuk desa ini.

Lihat juga wisata edukasi : Edupark Dirgantara Karanganyar

Banyak Wahana Menarik

Selain sejarahnya yang menarik, tempat wisata ini juga menawarkan banyak sekali wahana di antaranya ada wahana bermain seperti kereta uap, kolam renang, futsal mini, flaying fox, kolam terapi ikan dan taman lalu lintas dan masih banyak lagi. Setiap wahan akan dikenakan tarif yang berbeda-beda. Simak penjelasan mengenai harga berikut ini.

wahana sondokoro
Image : Cahyo Miti

Lokasi dan Rute

Agrowisata Sondokoro berlokasi di jalan Mangkunegara Bojonegara, Nglande Wetan, Ngijo, Kecamatan Tasikmandu, Kabupaten Karanganyar. Dari kota Solo perjalanan hanya ditempuh sekitar 45 menit untuk sampai ke lokasi atau sekitar 15 km.

Rute yang bisa dilewati yaitu melalui sungai Bengawan Solo. Setelah melewati sungai itu, Anda akan menemui pertigaan dan di sana bisa mengambil jalan lurus ke arah Tawangmangun. Setelah itu ambil jalur kiri ke arah Surabaya.

lokasi sondokoro
Image : Anik Sri

Sebelum masuk Karanganyar, Anda menemukan perempatan panahan yang ditandai dengan dua tugu berwarna hitam. Sekitar 500 meter dari perempatan ini anda akan sampai ke tempat wisata Agrowisata Sondokoro. Sudah ada petunjuk jalan ke arah destinasi. Tanda destinasi Anda dapat melihat dari kejauhan cerbong asap putih.

Itulah beberapa informasi mengenai Agrowisata Sondokoro. Ada wajib memasukan tempat wisata ini ke list saat liburan atau akhir pekan karena banyak sekali wahana yang dapat Anda rasakan untuk bersenang-senang dengan keluarga. Jangan lupa untuk tetap patuhi protokol kesehatan ketika liburan. Selamat liburan!

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar

error: Konten Dilindungi !! Jangan Copas Bos !!