Alun Alun Kidul Yogyakarta

alun alun kidul yogyakarta
Image : Muhammad Raufan

Masyarakat Jogja pastinya sudah tidak asing lagi dengan alun-alun kidul Yogyakarta. Alun-alun yang sering digunakan nongkrong oleh para kaula muda ini sangat ramai sekali dikunjungi. Bahkan bukan hanya oleh kaula muda saja, dari berbagai usia pun ramai-ramai mengunjungi tempat ini untuk menikmati suasana dan keasyikkan yang ada di alun-alun kidul ini.

Lokasi Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Alun-alun kidul Jogja ini terletak di sebelah selatan kota Jogja atau lebih tepatnya berada di keraton Jogjakarta. Sedangkan secara administratif sendiri, alun-alun kidul ini terletak di kecamatan Keraton DIY itu sendiri.

Rute Menuju Alkid Jogja

lokasi alun alun kidul jogja
Image : –

Bagi yang belum pernah menikmati indahnya alun-alun kidul Jogja ini maka bisa ditempuh dengan mudah sekali. Jika berangkat dari jalan Malioboro, maka bisa ditempuh menggunakan transformasi umum atau pribadi.

Namun bagi para pengunjung yang datang menggunakan bis biasanya mereka lebih nyaman menuju alun-alun kidul menggunakan becak yang senantiasa mangkal di ujung jalan Malioboro.

Jalan menuju alun-alun kidul yogyakarta dari Malioboro ini pun bisa ditempuh dengan menggunakan becak dengan jarak tempuh selama 15 menit saja. Tarifnya pun sangat terjangkau sekali yakni cukup membayar Rp. 15.000 saja, tarif tersebut tentunya sangat murah sekali bukan.

Sedangkan rutenya sendiri dari jalan Malioboro hanya lurus saja ke arah selatan yakni menuju alun-alun utara. Setelah itu belok kiri ke arah timur, jika sudah sampai di pertigaan maka belok ke kanan yakni melewati lorong benteng dari keraton. Setelah lanjutkan perjalanan lagi dengan belok kanan, yakni pada perempatan gang kecil ke empat.

Baca juga wisata : Candi Ijo

Harga Tiket Masuk Alun-Alun Kidul Yogyakarta

tiket masuk alkid jogja
Image : Hamdillery

Dikarenakan alun-alun kidul jogja ini merupakan area publik, maka dari itu alun-alun ini pun bisa diakses oleh siapapun saja. Dengan begitu, para pengunjung pun tidak usah bayar jika ingin menikmati suasana alun-alun ini.

Hanya saja bagi para pengunjung yang membawa kendaraan pribadi wajib membawa uang untuk membayar parkir. Jangan lupa juga menyisihkan uang untuk membeli makanan, atau untuk menyewa sepeda dan becak jika ingin mengelilingi sekitaran alun-alun kidul Jogja.

Fasilitas Yang Disediakan

Alun-alun kidul yogyakarta ini sendiri difasilitasi oleh berbagai fasilitas. Hal tersebut agar pengunjung bisa benar-benar menikmati suasana dari alun-alun kidul.

Adapun fasilitas yang disediakan oleh alun-alun kidul Jogja ini antara lain warung makan, tempat parkir, toilet umum, serta penginapan atau hotel bagi wisatawan asing yang ingin menghabiskan liburan di Jogja.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Di Alun-Alun Kidul Jogja

Bagi para pengunjung ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di alun-alun kidul yogyakarta ini. Adapun kegiatan yang bisa dilakukan oleh para pengunjung di alun-alun kidul kota Jogja ini antara lain sebagai berikut.

1. Masangin

masangin alkid jogja
Image : Momen Wisata

Kegiatan pertama yang bisa dilakukan oleh pengunjung di alun-alun kidul yogyakarta ini antara lain masangin. Masangin merupakan salah satu permainan yang sangat sederhana sekali. Yakni permainan yang mengharuskan para pengunjung berjalan kaki dari ujung alun-alun sampai meilntasi 2 beringin kembar yang berada tepat di tengah-tengah alun-alun dengan mata tertutup.

Sepintas permainan tersebut terlihat sangat gampang sekali, namun kenyataannya sangat susah sekali saat memainkannya. Rata-rata orang yang mencoba permainan ini memerlukan lebih dari 1 kali agar bisa memenangkan permainan tersebut. Biasanya para pengunjung yang mencoba permainan ini bukannya melintasi 2 pohon beringin tersebut, melainkan mereka berbelok jauh dari pohon tersebut.

Berdasarkan mitos masyarakat setempat, orang yang hatinya bersih akan bisa melewati 2 pohon beringin tersebut dengan sukses serta akan mendapatkan kesuksesan. Percaya atau percaya itu semua hanya mitos dan keyakinan masyarakat setempat saja.

2. Naik Sepeda Tandem Dan Odong-Odong

Kegiatan yang bisa dilakukan selanjutnya di alun-alun kidul yogyakarta ini adalah naik sepeda tandem dan odong-odong. Bagi yang ingin menikmati sekitaran alun-alun kidul kota Jogja dengan naik sepeda tandem dan odong-odong ini hanya mengeluarkan sebesar Rp. 15.000 sampai Rp. 30.000 saja.

Dengan menyewa sepeda tandem atau odong-odong ini, maka para pengunjung bisa menikmati indahnya suasana malam alun-alun kidul kota Jogja yang romantis.

3. Nongkrong

Bagi para kaula muda, kegiatan nongkrong di alun-alun kidul Jogja ini menjadi rutinitas bagi mereka. Selain nongkrong, mereka pun biasanya ngopi dan diskusi ringan seputar kuliah dan ngobrol ngaler ngidul. Sembari ditemani jajanan khas Jogja, kegiatan nongkrong anak muda di malam hari pun semakin asyik.

4. Wisata Kuliner

Selain nongkrong, para pengunjung pun bisa menikmati wisata kuliner yang dijajakan di alun-alun kota Jogja itu sendiri. Berbagai macam kuliner itu sendiri pun bisa dipilih para pengunjung dimulai dari minuman seperti wedang ronde dan kopi. Atau bisa juga jajanan ringan seperti cilok dan kue-kue khas kota Jogja itu sendiri.

5. Menyaksikan Pertunjukan Wayang Dan Konser Live Musik Dari Artis Ibu Kota

Selain ke empat kegiatan di atas, di alun-alun kidul Jogja ini pun para pengunjung bisa menyaksikan pertunjukan wayang. Selain itu, para pengunjung pun bisa menyaksikan konser live musik dari artis ibu kota yang sering tampil di alun-alun kidul Jogja ini. Dengan begitu, kegiatan di alun-alun kidul ini pun sangat menyenangkan sekali bukan.

Itulah beberapa informasi mengenai alun-alun kidul yogyakarta. Bagi yang belum mengunjungi alun-alun kidul tersebut harus cepat-cepat mengunjunginya. Karena banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di alun-alun kidul tersebut dan tentunya para pengunjung pun bisa menikmati suasana alun-alun kidul yang romantis.

 

Video Alun-Alun Kidul Yogyakarta :

5/5 - (3 votes)

Tinggalkan komentar

error: Konten Dilindungi !! Jangan Copas Bos !!