Candi Ijo

4/5 - (2 votes)
candi ijo
image : Aruka Death

Yogyakarta merupakan salah satu kota terkenal nomor dua setelah Bali bagi para wisatawan baik lokal maupun asing. Maka dari itu, tidak heran banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi salah satunya daya tarik dari candi ijo.

Candi ini merupakan salah satu candi yang mempunyai daya tarik sendiri yang berbeda dengan candi lainnya apalagi berada di Yogyakarta yang wajib untuk dikunjungi.

Lokasi Dan Rute Menuju Candi Ijo

Candi yang mempunyai daya tarik tersendiri ini berada tepat di perbukitan timur kota Yogya. Lebih tepatnya lagi candi ini berada di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk bisa sampai ke sana, para pengunjung harus melewati rute yang cukup menantang. Hal tersebut karena lokasinya yang berada di perbukitan.

Selain itu, jalan menuju ke destinasi wisata tersebut kebanyakan tanjakan serta curam. Meskipun demikian, namun kendaraan beroda empat pun masih bisa melewatinya. Sedangkan untuk rutenya sendiri, para wisatawan yang berasal dari Yogya harus melewati jalur Yogya – Solo sampai ke pertigaan Candi Prambanan.

Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju ke arah timur atau belok kiri melalui jalan Prambanan piyungan. Terus saja arahkan kendaraan yang ditumpangi sampai menemukan papan petunjuk candi ijo, setelah itu belok kiri. Lanjutkan kembali perjalanan sampai mulai terasa menanjak dan sampai ke lokasi dari candi tersebut.

lokasi candi ijo
Image : Gilang Singgih

Baca juga wisata : Candi Ratu Boko

Harga Tiket Dan Jam Buka Candi Ijo

Para pengunjung yang ingin mengunjungi dan menikmati pesona indahnya candi ini, maka dikenakan tarif masuk. Para wisatawan sendiri hanya dikenakan tarif tiket masuk ke candi ini sebesar Rp. 5.000 saja per orangnya.

Dan bagi para pengujung yang membawa kendaraan pribadi beroda dua dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 2.000. Sedangkan bagi yang membawa kendaraan pribadi beroda empat dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 5.000.

Para pengunjung pun bisa mengunjungi dan menikmati indahnya candi ijo ini di pagi dan sore hari. Destinasi wisata candi ini pun dibuka sepanjang pekan, yakni dari hari senin sampai hari minggu. Dengan harga yang sangat terjangkau tersebut, maka para pengunjung pun bisa menikmati pesona candi setiap saat dan kapan saja.

tiket masuk candi
Image : Siti Dina

Fasilitas Yang Disediakan Di Candi Ijo

Di candi ini pun dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang mendukung para wisatawan untuk menikmati keindahan candi tersebut. Adapun fasilitas yang tersedia di candi ini antara lain area parkir yang cukup luas, toilet, gazebo, serta papan informasi mengenai candi itu sendiri. Selain itu candi ini pun senantiasa dijaga perihal kebersihannya dan untuk pengembangan fasilitasnya sendiri akan ditingkatkan setiap waktunya.

fasilitas candi ijo
Image : Mia Milyanti

Daya Tarik Candi Ijo

Seperti halnya yang sudah disebutkan di atas, bahwa candi ini merupakan candi yang mempunyai daya tarik tersendiri. Adapun daya tarik dari candi ini antara lain sebagai berikut.

1. Berlokasi Di Perbukitan Yang Tinggi

Daya tarik pertama dari candi ini adalah lokasinya yang berada di perbukitan tinggi di Yogya. Tingginya bukit tersebut tercatat setinggi 375 meter di atas permukaan laut. Hal inilah yang membedakan candi tersebut dengan candi yang lainnya yang ada di kota Yogya. Letaknya yang berada di atas perbukitan, tentunya semakin menambah nyaman para pengunjung.

2. Pemandangannya Yang Indah Dan Sejuk

Daya tarik selanjutnya dari candi ini adalah memberikan pemandangan yang indah dan sejuk. Hal tersebut karena candi ijo terletak di atas perbukitan yang tinggi. Dengan begitu, maka para pengunjung pun bisa melihat runway serta landasan pacu bandara adisucipto serta bisa melihat take off atau pesawat yang akan landing.

Bukan hanya itu saja, lokasi dari perbukitan membuat udara yang ada disekitar candi menjadi sangat sejuk sekali. Hal tersebut tentunya sangat cocok sekali menjadi tempat hangout bersama keluarga atau sahabat karib.

daya tarik candi
Image : Autorin

3. Mempunyai Panorama Sunset Yang Indah

Selain ke dua daya tarik di atas, daya tarik dari candi ijo ini yang lainnya adalah mempunyai panorama sunset yang indah. Suasana sunset yang disajikan di tempat ini berpadu dengan bayang-bayang candi yang menambah keindahan tersendiri. Daya tarik inilah yang sangat ditunggu-tunggu oleh para wisatawan baik asing maupun lokal.

4. Bangunan Candinya Yang Gagah Dan Unik

Candi yang tersusun dengan baik serta dikelola dengan baik pula oleh para pengelola wisata menjadikan candi ini terlihat gagah dan unik. Hal tersebut juga menjadikan salah satu daya tarik tersendiri dari candi ini.

5. Spot Foto Yang Instagramable

Dan daya tarik terakhir dari candi ini adalah menjadi spot foto yang instagramable. Candi induk yang dikelilingi dengan candi-candi kecil menjadikan tempat tersebut menjadi spot foto yang instagramable bagi para pengunjung yang mendatangi tempat wisata ini.

Saran Dan Tips Sebelum Mengunjungi Candi Ijo

Jika ingin mengunjungi candi ijo, maka ada beberapa saran dan tips sebelum mengunjungi tempat ini bagi para wisatawan. Hal pertama yang harus diperhatikan oleh para pengunjung yang ingin mengunjungi candi ini adalah memantau cuaca terlebih dahulu agar liburan semakin menyenangkan.

Selain itu, persiapkan juga perlengkapan liburan itu sendiri seperti membawa bekal dan air minum. Jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan tambahan seperti kamera untuk mengabadikan moment liburan. Obat-obatan pun jangan lupa untuk dibawa, agar dapat meminimalisir sesuatu yang terjadi seperti jatuh, masuk angin, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa informasi mengenai destinasi candi ijo. Dengan adanya beberapa informasi tersebut, tentunya tidak akan membuat ragu para wisatawan yang ingin mengunjungi tempat tersebut, bukan. Selain itu dengan harga tiket masuknya yang sangat murah, para wisatawan pun bisa menikmati keindahan serta pesona yang ditawarkan oleh candi ini.

Tinggalkan komentar

error: Konten Dilindungi !! Jangan Copas Bos !!