Candi Prambanan

candi prambanan
Image by : Padodo Adi

Negara Indonesia kaya akan keunikannya dan penuh dengan legenda, salah satunya adalah Candi Prambanan. Cinta bertepuk sebelah tangan dan 1000 candi adalah asal mula legenda dari candi ini. Candi Hindu ini berlokasi di Desa Prambanan dan terdiri dari tiga candi Trimurti yaitu Candi Siwa, Candi Brahma dan Candi Wisnu.

Legenda Candi Prambanan

Bermula ketika Bandung Bondowoso jatuh hati kepada seorang putri nan cantik jelita yakni Roro Jonggrang. Namun sang putri tidak menyukai pangeran karena telah membunuh orang tuanya. Roro Jonggrang yang takut untuk menolak, maka ia meminta Bandung Bondowoso membuat 1.000 arca dalam waktu semalaman yang mustahil akan selesai.

Namun ternyata pikiran Roro Jonggrang salah. Pada saat arca telah selesai dibangun 999, Roro Jonggrang meminta bantuan kepada warga desa agar menumbuk padi. Hal ini dilakukan untuk memancing ayam jantan agar berkokok menandakan hari sudah pagi. Sayangnya, Bandung Bondowoso mengetahui kecurangan sang putri. Roro pun dikutuk untuk menjadi arca yang ke 1.000.

legenda candi prambanan
Image by : Olov Strong

Rute Dan Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Akses mudah karena lokasi berada di jalan raya Yogyakarta – Solo. Bagi wisatawan yang berasal dari arah Yogyakarta Sleman dapat menaiki bus Transjogja dan berhenti di halte pasar Prambanan. Apabila dari arah Solo bus akan mengantar langsung sampai ke depan candi, hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp. 3.000. Apabila datang dari arah Klaten, dapat memilih bus jalur Klaten – Prambanan.

Untuk memasuki objek wisata candi yang penuh legenda ini, pengunjung lokal hanya merogoh kantor sebesar Rp. 8.000 saja. Sedangkan pengunjung mancanegara harus mengeluarkan uang sebesar US$ 10.

tiket masuk prambanan
Image by : DWJY WS

Baca juga artikel : Keraton Yogyakarta

Kompleks Candi :

Kompleks candi ini berjumlah 240 buah. Pintu masuk ke kompleks candi ini ada di setiap arah mata angin dengan pintu utamanya Gerbang Timur. Kompleks candi sebagai berikut :

  • Candi Siwa. Merupakan salah satu candi utama dari candi trimurti. Puncak candi ini diberi mahkota berbentuk wajra yang melambangkan halilintar atau intan. Candi Siwa dikelilingi oleh lorong galeri yang berhiaskan relief kisah Ramayana terukir di dinding pagar.
  • Candi Brahma Dan Candi Wisnu. Lokasi Candi Wisnu terletak di sisi utara dan candi Brahma terletak di sisi selatan dan sama-sama menghadap ke arah timur. Ada satu ruangan candi untuk dipersembahkan dewa-dewa. Kedua candi sama-sama menyimpan arca.
  • Candi Wahana. Berada di depan candi Trimurti dan berukuran lebih kecil. Kononnya candi ini dipersembahkan kepada wahana dewa-dewa, sang Angsa wahana Brahma, sang lembu Nandi wahana Siwa dan sang Garuda wahana Wisnu. Dalam Candi Nandi terdapat arca lembu dan candi ini berada di depan Candi Siwa. Sedangkan dinding belakang arca Nandi di bagian kiri dan kanan mengapit arca Chandra Surya dewa matahari dan dewa bulan.
  • Candi Apit, Candi Kelir Dan Candi Patok. Ketiga candi ini terletak diantara baris ke enam dari candi-candi utama. Disamping delapan candi utama, ada kuil kecil yang mungkin berfungsi sebagai pelinggihan dalam Pura Hindu Bali. Kuil tersebut dijadikan tempat meletakkan canang atau sesaji dan aling-aling di depan pintu masuk.
  • Candi Perwara. Di atas empat undakan teras-teras tempat candi ini dibangun. Makin ke tengah candi ini sedikit makin tinggi dan berukuran lebih kecil daripada candi utama. Candi-candi ini dinamakan Candi Perwara yakni Candi Pengawal atau Candi Pelengkap.

Aktivitas Seru Di Objek Wisata Candi Prambanan

Sangat banyak aktivitas yang dilakukan disini dan tak kalah seru dengan candi lainnya. Berkeliling ke semua candi-candi sambil belajar sejarah sangat mengesankan.

objek wisata di prambanan
Image by : Herlan Angga

1. Belajar Sejarah Dan Budaya

Candi Prambanan merupakan salah satu sejarah kebudayaan Hindu di yang dapat dijadikan referensi buat belajar. Nilai-nilai sejarah yang terkandung dari candi ini memberikan pengetahuan penting tentang kehidupan pada era Dinasti Sanjaya. Bagi pengunjung yang menyukai sejarah Indonesia, napak tilas pada kompleks candi akan memberikan pengetahuan tentang legenda 1.000 candi.

2. Wisata Museum Candi Prambanan

Candi ini memiliki museum yang dengan bentuk bangunan joglo ini. Di dalamnya terdapat koleksi benda-benda bersejarah seperti artefak, gerabah, arca, fosil hewan, gambar struktur Candi Siwa serta legenda Roro Jonggrang. Untuk berkeliling ke dalam museum ini tidak dikenakan biaya sama sekali.

Baca juga : Candi Ijo

3. Menyaksikan Pertunjukan Sendratari Ramayana

Di kompleks candi ini diselenggarakan pagelaran Sendratari Ramayana pada hari tertentu yakni Selasa, Kamis dan Jumat. Acara ini dimulai pada pukul 19.30 dan ditutup pada pukul 21.30 WIB. Pagelaran ini merupakan perpaduan seni tari, drama dan musik. Meskipun teater ini tanpa ada dialog, pengunjung tetap akan bisa mengikuti jalan cerita Ramayana.

Pada musim kemarau pertunjukan Sendratari Ramayana akan dilaksanakan di open theater. Apabila musim hujan telah tiba, pertunjukan dilangsungkan di Gedung Trimurti. Tiket untuk menonton pagelaran ini berbeda dengan tiket masuk candi.

4. Hunting Photo

Taman-taman yang indah menjadikan candi ini sangat asri. Ditambah lagi dengan bangunan yang menjulang tinggi membuat salah satu tempat yang bagus untuk hunting foto. Jalan setapak ke arah kompleks candi begitu elegan.
Pada hari senja, langit biru yang menawan akan terlihat cantik, apalagi jika dipadukan dengan bangunan yang meninggi ke langit. Dipadukan dengan warna orange senja. Menjadikan spot foto yang menarik.

5. Bersepeda

Bagi yang hobi olahraga pasti merasa lebih senang berada di wahana wisata ini. Menikmati keindahan candi ini tidak hanya dengan berjalan saja, namun juga bisa bersepeda. Mengelilingi candi satu dengan lainnya saat pagi dan sore hari dengan bersepeda sangat mengasyikkan.

6. Berburu Cendera Mata

Bukti sudah ke candi, ada toko-toko cenderamata yang berlokasi di sepanjang jalan keluar kompleks Candi Prambanan. Sejumlah pedagang menawarkan souvenir berupa kalung, gelang, tas, gantungan kunci, baju, hiasan dinding. Pengunjung tidak akan merasa lapar karena disini juga tersedia makanan ringan dan kue.

Banyak kisah menarik yang dapat diambil di Candi Prambanan ini. Mulai dari legenda kisah cinta Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang sampai ke relief kisah Ramayana. Pengunjung juga akan disuguhi oleh kesenian seni, drama, tari dan musik jawa.

Jika Anda mengunjungi Candi Prambanan jangan lupa untuk mampir ke Candi Ratu Boko, karena lokasinya tidak jauh hanya 11 menit dari prambanan.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar

error: Konten Dilindungi !! Jangan Copas Bos !!