Candi Ratu Boko

5/5 - (1 vote)
candi ratu boko
Image : Aruna JR

Daerah Istimewa Yogyakarta memang sebuah kota yang terkenal akan objek wisata budayanya. Jika ingin berlibur ke Jogja bisa mengunjungi beragam jenis objek wisata. Selain objek wisata alam yang sering kali dikunjungi, wisata budaya juga tak kalah menarik. Candi Ratu Boko adalah salah satu destinasi paling menarik bagi yang ingin berwisata budaya.

Lokasi Objek Wisata Candi Ratu Boko

Selain dikenal dengan Candi Boko juga banyak yang menyebutnya Situs Ratu Baka. Salah satu situs purbakala ini bisa dikunjungi dengan datang ke alamat Jl. Raya Piyungan – Prambanan. Tepatnya berada pada No. Kilometer 2, Gatak, Bokoharjo yang masih masuk kabupaten Sleman.

Situs purbakala ini adalah sebuah kompleks dari sisa bangunan yang lokasinya berada kira-kira 3 km dari Candi Prambanan sebelah selatannya dan Kota Yogyakarta sebelah timur 18 km dan 50 km barat daya dari kota Surakarta.

lokasi ratu boko
Image : Lord Bhows

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko

Ada perbedaan tarif jika masuk ke objek wisata candi ratu boko ini. Pihak pengelola ada ketentuan tersendiri sehingga tidak dipukul rata. Jika usia 10 tahun keatas maka untuk tiket masuknya dikenai biaya sebesar Rp. 40.000,-. Bila usia baru menginjak usia 3 s/d 10 tahun maka cukup membayar tiket masuknya sejumlah Rp. 20.000,-/

Berbeda pula perlakuannya jika datang kesini bersama rombongan seperti pelajar, mahasiswa atau grup. Tapi tentunya harus ada surat pengantar dari sekolah biar bisa lebih hemat masuk ke objek wisata ini. Jika peserta yang masuk mencapai 20 orang maka tiket wisata cukup Rp. 20.000,- per orang. Semua harga tiket wisata diatas sudah termasuk premi asuransi senilai Rp. 500,-.

tiket masuk candi boko
Image : Fery Ana

Baca juga pesona : Taman Sari Jogja

Beberapa Bangunan Yang Terdapat Di Candi Ratu Boko

Objek wisata ini memang hanya terdapat reruntuhan bangunan. Oleh pemerintah dikelola dan dijadikan objek wisata agar terjaga kelestariannya. Beberapa bangunan yang bisa dinikmati di objek wisata candi ratu boko diantaranya:

1. Gerbang Masuk Di Sisi Barat

Untuk sampai pada gerbang ini membutuhkan perjalanan yang cukup panjang. Kurang lebih harus berjalan kaki sepanjang 100 meter dari lokasi parkir kendaraan. Meski 100 meter namun karena berada di dataran tinggi maka harus siap-siap fisik melalui jalan yang menanjak untuk sampai di gerbang ini.

Gerbang ini tidak hanya ada satu saja namun ada 2 gerbang yaitu gerbang luar dan dalam. Pada ukurannya sangat berbeda, untuk yang di sisi dalam lebih besar dibanding yang sisi luar. Uniknya dari gerbang ini karena terdapat 5 gapura paduraksa. Dari 5 gapura yang berjejer ini uniknya hanya terdapat 3 tangga saja.

2. Candi Batukapur

Candi ini bisa dijumpai setelah pengunjung berjalan sekitar 45 meter dari gerbang luar. Pada sisi timur laut ada sebuah pondasi dengan ukuran 5×5 m2 yang bahan material utama terbuat dari batu kapur. Hal yang unik lainnya diperkirakan bangunan ini tidaklah terbuat dari batu untuk bagian dinding dan atap. Akan tetapi bahan material tersebut berasal dari kayu dan sirap serta sebuah genteng biasa.

objek wisata candi
Image : Silviana Probandari

3. Candi Pembokoran

Bangunan lainnya yang terdapat pada candi ratu boko ini ada Candi Pembokoran. Unik candi ini terletak pada bentuknya. Untuk bentuk candi ini yaitu teras tanah berundak yang memiliki ketinggian 3 m. Posisi dari candi berada pada 37 m dari gerbang utama, tepatnya disebelah timur lautnya.

Untuk teras yang pertama lebih besar dibanding teras yang kedua, hal ini yang menjadikan teras ini membentuk selasar di sekeliling teras. Untuk permukaan pada teras yang kedua ini adalah sebuah pelataran rumput. Indah sekali pemandangan objek ini yang membuat ingin berlama-lama disini.

4. Paseban

Kata Paseban berasal dari Bahasa Jawa yang memiliki arti tempat untuk menghadap raja. Berawal dari kata seba yang mengandung arti menghadap. Paseban ini adalah sebuah bangunan yang berada di sebelah selatan dari gapura. Paseban ini adalah sebuah teras yang terbuat dari sebuah bebatuan andesit. Ketinggian bebatuan andesit mencapai 1,5 m dan untuk lebar 7 m serta memiliki panjang 38 m.

5. Pendapa

Lokasi pendapa sangat dekat sekali dengan paseban. Hanya berjarak sekitar 20 m saja sudah sampai di pendapa ini. Pendapa ini dipagari sebuah dinding batu yang memiliki ketinggian 3 m yang didalamnya terdapat sebuah lahan yang cukup luas yaitu panjang 40 m dan lebar 30m. Pada bagian luar dinding ini ada sebuah saluran untuk pembuangan air.

6. Keputren

Mungkin banyak yang belum pernah mendengar atau mengetahui mengenai keputren ini. Keputren adalah sebuah tempat yang dikhususkan untuk tempat tinggal kaum wanita. Posisi dari keputren ini berada di sebelah timur dari gapura candi ratu boko. Untuk lingkungan pada keputren ini ada sebuah tembok yang cukup besar sejumlah 2 tembok yang berfungsi sebagai penghubung.

Tidak hanya itu saja didalam keputren ini ada 3 kolam yang memiliki bentuk persegi. Ada pemandangan menarik lainnya yang terdapat pada sebelah 3 kolam ini. Pemandangan tersebut adalah sebuah kolam yang memiliki bentuk bundar sejumlah 8 kolam dalam 3 baris.

7. Gua

Pada bagian lereng bukit ada 2 buah gua yang memiliki fungsi berbeda. 2 gua tersebut yang satu untuk laki-laki dan yang satunya untuk perempuan. Jadi tak heran jika namanya Gua Lanang yaitu gua lelaki dan Gua Wadon yaitu Gua perempuan.

Uniknya kedua gua ini pada bagian belakang, kanan dan kiri ada sebuah relung yang kalau dilihat seperti bilik. Jika melihat pada sisi dinding di kedua ini maka akan dijumpai sebuah pigura yang memiliki ukuran persegi panjang.

Candi Ratu Boko memang sangat menarik sekali untuk dikunjungi. Apalagi dengan adanya beberapa bangunan tua hasil reruntuhan yang dikelola dengan baik sehingga sangat memukau untuk dinikmati.

Tinggalkan komentar

error: Konten Dilindungi !! Jangan Copas Bos !!