Candi Sukuh

Kembali Ke Peradaban Hindu Lewat Wisata Candi Sukuh.

Kembali ke situs atau wisata bernuansa sejarah, ternyata ada tempat wisata sejarah di Karanganyar. Nama tempat bersejarah tersebut adalah Candi Sukuh yang merupakan salah satu candi Hindu.

Letaknya berada di kaki Gunung Lawu yang tentunya gunung yang menawarkan sejumlah keindahan alam. Jadi ketika Anda berkunjung bukan hanya menikmati candi saja tapi suasana gunung Lawu juga bisa kita nikmati.

candi sukuh
Image by : Wens_3699

Pendaki sekaligus pencinta sejarah tentu akan sering sekali berkunjung ke tempat Candi Hindu ini. Di kaki gunung mereka bisa menikmati dan belajar sejarah lewat candi dan setelah bosan bisa mendaki ke Gunung Lawu. Walaupun Anda tidak suka memanjat masih bisa Anda menikmati suasana gunung lewat kaki gunungnya yaitu di lingkungan candi.

Tentunya ketika Anda berkunjung ada dua hal terbayarkan yaitu keindahan alam pegunungan dan pengalaman bersejarah di tempat peradaban.

Baca juga artikel : Taman Wisata Kali Sebendo

Jika kita melihat Candi Sukuh secara teliti dan mengamati bentuk-bentuknya tentu ada hal aneh di ornamen candi. Beberapa ornamen atau bentuk penghias candi mempunyai gambaran yang cenderung hal tabu.

Banyak gambaran tentang orang tanpa baju atau gambaran tentang alat kelamin di candi yang terletak pada Karanganyar. Jika kita lihat secara serius, gambar itu tidak hanya menampilkan hal tabu tapi ada nilai hikmah atau cerita berbobot di dalamnya.

Unsur Sejarah Candi Sukuh

sejarah candi sukuh
Image by : Dita Nurhidayah

Karena candi Hindu di daerah Jawa tengah ini mengandung unsur sejarah yang kental maka ada beberapa larangan di dalamnya. Di antara larangannya yaitu tidak boleh membawa batu candi atau mencopot candi yang sudah tersusun rapi.

Jika larangan tersebut ada yang melanggar di candi, menurut orang-orang sekitar akan ada hal yang kurang mengenakkan. Maka untuk mencari jalan amannya lebih baik cukup melihat-lihat candi saja atau memfoto bagian bagus dari candi.

Kurang lebih seperti itu tempat wisata di Karanganyar bernuansa peradaban yaitu Candi Sukuh. Walaupun ornamen dalam candi terkesan vulgar tapi Anda tetap perlu mengunjungi dan mempelajarinya.

Tinggalkan komentar

error: Konten Dilindungi !! Jangan Copas Bos !!