Gumuk Pasir Parangkusumo

Rate this post
gumuk pasir parangkusumo
Image : Lenna Lisbeth

Bukan Yogyakarta namanya jika tidak memberikan destinasi yang unik-unik bagi para wisatawan baik asing maupun wisatawan pribumi. Salah satu destinasi wisata unik yang wajib untuk dikunjungi saat mengunjungi Yogyakarta adalah Gumuk Pasir Parangkusumo.

Destinasi wisata tersebut merupakan salah satu tempat wisata unik berupa hamparan pasir yang diakibatkan oleh erupsi gunung berapi.

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo

Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi destinasi wisata ini bisa datang ke jln. Pantai parangkusumo RT. 01, Grogol 10, Kretek, Parangtritis, kec. Kretek, Bantul, DIY. Atau lebih tepatnya lagi tempat wisata ini berada tepat di antara Sungai Opak, Pantai Parangtritis, dan terus sampai ke Pantai Depok.

Rute Menuju Gumuk Pasir

lokasi gumuk pasir
Image : Diamond Face

Perjalanan menuju Gumuk Pasir Parangtritis Parangkusumo ini pun sangat mudah sekali untuk ditempuh. Bagi para wisatawan yang berasal dari daerah Bantul Yogyakarta maka jalan yang harus ditempuh adalah menuju jalan Parangtritis yakni kearah selatan.

Setelah itu, lurus saja ke arah selatan sampai menjumpai jembatan yang sangat panjang. Tidak jauh dari sana, para wisatawan pun dapat menjumpai pos loket pembayaran yang menuju ke Pantai Parangtritis.

Namun sebelum pos loket pembayaran menuju Pantai Parangtritis, belokkan kendaraan ke arah kanan maka papan nama dari Gumuk Pasir Parangkusumo pun akan terlihat. Ikuti saja jalan yang ada, maka tidak lama pun akan sampai di destinasi wisata unik tersebut. Jarak dari Yogyakarta ke tempat ini sendiri kurang lebih 28 KM dengan waktu tempuh normal kendaraan bermotor selama 1 jam.

Tarif Memasuki Gumuk Pasir Parangkusumo

tiket parangkusumo
Image : Ulyana TR

Bagi para wisatawan yang ingin menikmati uniknya destinasi wisata ini, tidak perlu mengeluarkan uang satu rupiah pun, karena tiket masuk gumuk pasir parangkusumo gratis. Hanya saja, bagi para wisatawan yang membawa kendaraan pribadi wajib membayar uang parkir sebesar Rp. 3.000 untuk motor dan Rp. 10.000 untuk mobil.

Namun bagi para wisatawan yang ingin menikmati fasilitas sandboarding yang disediakan di tempat ini, maka harus menyewa papannya yakni sebesar Rp. 150.000 sampai Rp. 200.000.

Bagi yang belum mahir menggunakan papan sandboarding, maka tidak usah khawatir karena terdapat pemandu yang akan membantu keseruan berlibur di tempat wisata yang satu ini.

Fasilitas Yang Tersedia

fasilitas parangkusumo
Image : Messageng

Untuk kenyamanan para pengunjung, pihak pengelola wisata gumuk pasir parangkusumo ini menyediakan berbagai macam fasilitas yang bisa dinikmati. Adapun fasilitas tersebut diantaranya warung makan, tempat parkir, toilet, serta spot foto yang instagramable.

Meskipun fasilitas yang disediakan di tempat wisata ini hanya seadanya, namun fasilitas tersebut sangat bermanfaat sekali bagi kenyamanan para pengunjung.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan

Bagi para wisatawan yang mengunjungi tempat wisata unik yang satu ini, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan. Kegiatan tersebut tentunya sangat menyenangkan sekali jika dilakukan bersama dengan keluarga tercinta. Adapun kegiatan yang bisa dilakukan di tempat ini antara lain sebagai berikut.

1. Berfoto Ria

Salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan ketika mengunjungi tempat wisata gumuk pasir parangkusomo ini adalah berfoto ria di hamparan padang pasir.

Hal tersebut tentunya sudah menjadi kegiatan wajib bagi para pengunjung untuk mengabadikan moment mereka saat liburan. Terlebih tempat wisata ini hanya ada di 3 kawasan Asia Tenggara saja dan salah satunya ya di Yogyakarta ini sendiri.

spot foto gumuk pasir
Image : Antonia

2. Sanboarding Atau Berseluncur

Ingin melakukan kegiatan yang lebih menantang dang tentunya lebih menyenangkan? Maka sanboarding atau berseluncur di tengah padang pasir dengan menggunakan papan merupakan kegiatan yang patut untuk dicoba oleh para wisatawan. Untuk melakukan kegiatan ini, para pengunjung sendiri bisa menyewa papan seluncur yang banyak disewakan.

Harga sewa dari papan seluncur itu sendiri tergolong cukup merogoh isi dompet. Namun keseruan pun akan didapatkan oleh para pengunjung itu sendiri. Karena kapan dan dimana lagi bisa bermain seluncur di tengah padang pasir jika bukan di gumuk pasir parangkusumo ini.

3. Duduk Santai Di Sebuah Ayunan

Bagi para wisatawan yang hanya ingin bersantai-santai saja, maka bisa juga hanya dengan duduk santai di sebuah ayunan. Meskipun hanya duduk diayunan saja, namun kegiatan tersebut bisa menghilangkan rasa penat setelah sepekan melakukan aktivitas kantor.

4. Berfoto Di Taman Bunga

Selain berfoto di tengah padang pasir, para pengunjung pun bisa berfoto di taman bunga yang berbentuk love. Hal tersebut tentunya dapat menambah banyak koleksi foto yang bisa dipost di sosial media bukan?

5. Mengabadikan Indahnya Sunset

Kegiatan menikmati serta mengabadikan indahnya sunset bukan hanya bisa dilakukan di pantai saja. Di gumuk pasir parangkusumo ini pun para pengunjung bisa melakukan kegiatan tersebut, bahkan sunset yang disajikan di tempat ini pun tidak kalah indahnya dengan sajian sunset yang biasa disajikan oleh pantai.

Tips Berlibur Ke Gumuk Pasir

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata gumuk pasir parangkusumo yang ada di kota Yogyakarta ini, maka ada beberapa tips yang mesti diperhatikan sebelum berangkat. Diantaranya datanglah pada saat cuaca di daerah sekitar cerah alias bukan pada musim penghujan. Siapkan juga budget yang lebih jika tertarik untuk menyewa papan sanboarding.

Selain itu bawalah makanan serta minuman dari rumah sendiri agar bisa menghemat pengeluaran saat berlibur ke tempat ini. Dan datanglah dengan kondisi tubuh dan kendaraan yang prima, karena terkadang cuaca di tempat wisata yang satu ini sangat extrim.

Itulah beberapa informasi beserta tips mengenai Gumuk Pasir Parangkusumo. Bagi para wisatawan yang sedang mengunjungi kota Yogyakarta, maka mengunjungi tempat wisata unik yang satu ini sangatlah wajib sekali.

Tinggalkan komentar

error: Konten Dilindungi !! Jangan Copas Bos !!