Pertapaan Pringgondani

pertapaan pringgondani
Image by : Annisa Ayu

Wisata Religi Mitologi Pertapaan Pringgodani. Dewasa ini, ragam tempat wisata semakin meluas di Indonesia. Dimana, tempat wisata tersebut tidak hanya menghadirkan nilai-nilai keberagaman dan kenyamanan, tetapi juga menghadirkan nilai mistis dan mitologi yang beragam.

Salah satunya adalah wisata Pertapaan Pringgodani yang terkenal akan kultur atau kebudayaan yang dimiliki. Selain itu, model dari wisata ini memiliki lokasi yang strategis dan alami.

Mitos dari Wisata Pertapaan Pringgodani

mitos pertapaan pringgondani
Image by : Muryadi Wibowo

Baca juga tempat wisata : Candi Menggung

Sebenarnya, sudah lama sekali tempat wisata ini berdiri dan berlokasi di sekitar wilayah Wingit. Secara kompleksitasnya, pertapaan ini telah dipercayai sebagai petilasan yang pernah digunakan oleh Raja Majapahit terakhir bernama Prabu Brawijaya kelima.

Selain itu ketika itu, tempat ini digunakan untuk tempat bersemedi mengumpulkan kekuatan dalam melawan para musuh, agar takluk di dalam pemerintahan yang dimiliki.

Wisata Pertapaan Pringgodani telah lama terletak di wilayah daerah Blumbang, yaitu tepatnya di sekitar daerah Gunung Lawu. Secara administratif berada di sekitar perbatasan wilayah Jawa Tengah dengan daerah Jawa Timur.

Untuk istilah kata Pringgodani sendiri berasal dari kata nggon atau tempat, pring atau bambu, dan kata dani yaitu memperbaiki diri ke arah yang lebih baik.
Lalu, mitologi dari istilah tempat wisata ini juga telah ada ketika pada masa pemerintahan Eyang Panembahan pemerintahan Kononegoro.

Dimana, mitologi yang telah terdapat di dalam tempat wisata ini sudah dikeramatkan sebagai tempat wisata yang mencerminkan kepribadian masyarakat Jawa yang kental terhadap kultur dan kebudayaan yang ada. Karena itulah, dibutuhkan keharusan bagi masyarakat untuk lebih meyakini budaya tersebut.

Spot Foto Pertapaan Ponggodani

spot foto pringgondani
Image by : Sumawarti

Itulah akhirnya yang menyebabkan tempat wisata ini dianggap keramat. Misalnya yaitu, adanya pemandian yang disebut dengan tujuh pancuran yang bersifat alami dan pastinya akan memancarkan air tepat dari ujung tebing yang paling tinggi.

Bagi masyarakat yang masih percaya terhadap mitologi, selalu mengaitkannya terhadap ritual yang ada secara berurutan sesuai urutan yang telah ditentukan, hingga pada akhir tengah malam.

Demikianlah informasi menarik dan terpercaya seputar tentang hal-hal menarik mengenai mitos serta spot foto menarik yang terdapat pada tempat wisata Pertapaan Pringgodani.

Semoga, info ini bisa menjadi seputar berita yang menarik dan membaut seluruh masyarakat memahami jika di wilayah Karanganyar terdapat situs sejarah yang harus dijaga dan sangat melagenda, sehingga muncullah kesadaran untuk menjaganya.

Rate this post

Tinggalkan komentar

error: Konten Dilindungi !! Jangan Copas Bos !!