Situs Purbakala Planggatan

Melestarikan Sejarah Lewat Situs Purbakala Planggatan

Situs Purbakala Planggatan – Banyak orang bertanya tentang siapa yang berhak untuk menjaga dan mewarisi sejarah yang lampau. Mereka bingung dan tidak tahu harus berbuat apa agar sejarah tidak hilang terhapus angin globalisasi.

situs purbakala planggatan
Image by : Nurkomari

Akan tetapi sikap mereka yang acuh membuat sejarah sepert Situs Purbakala Planggatan tergerus sendirinya dan hilang tidak kenal generasi muda. Alhasil tidak ada yang mau menjaga sejarah karena merasa sibuk dan tidak sempat melestarikannya.

Baca juga tempat wisata : Tenggir Park

Padahal kalau bukan kita siapa lagi yang bisa menjaga sejarah agar tetap terdengar di telinga-telinga generasi muda. Selain melalui lisan setidaknya kita perlu bukti otentik yang bisa ditangkap oleh indera penglihatan kita.

Mungkin salah satunya ada yang harus berwujud seperti bangunan atau candi yang bisa kita ceritakan. Memang di Indonesia jumlah candi terbilang banyak namun kita tidak boleh lengah dalam menjaganya.

sejarah situs planggatan
Image by : Jompet Kuswidananto

Sebenarnya situs purbakala Planggatan merupakan tempat wisata yang sangat asyik jika kita nikmati. Sama halnya dengan Candi Sukuh, di sini juga ada pelajaran sejarah yang perlu kita gali lebih dalam.

Di dalam salah satu Candi Planggatan tersebut ada gambar makhluk setengah gajah dan manusia. Mungkin sebagian orang belum tahu, maka dari itu perlu adanya penelitian untuk mengungkap maksud relief tersebut.

Sejarah Situs Planggatan

Selain belajar tentang sejarah di Planggatan, kita juga perlu berkunjung ke sana karena suasana di situs purbakala tersebut. Di kawasan Candi Planggatan, suasananya begitu asri dengan pohon yang menjulang tinggi dan besar.

Ketika Anda berkunjung ke Candi Planggatan tentu tidak akan merasa kepanasan karena bisa berteduh di bawah pohon. Sayangnya beberapa batu candi sedikit rusak dan itu merupakan kesalahan kita karena kita tidak bisa merawatnya.

relief candi planggatan
Image by : Supri Yatno

Situs purbakala Planggatan memang menawarkan berjuta peristiwa bersejarah di masa Hindu. Sayangnya kita tidak tahu dan tidak ingin tahu sejarah peristiwa di sekitar Candi Planggatan. Kita cenderung acuh kepada kondisi Candi Planggatan yang kian rusak dan menghilang.

Maka dari itu kita harus selalu berkontribusi melestarikan situs purbakala Planggatan di Karanganyar. Jika Candi Planggatan tetap eksis maka anak-anak kita bisa menikmatinya di masa depan.

Tinggalkan komentar

error: Konten Dilindungi !! Jangan Copas Bos !!