Taman Jumok Warna Warni

taman jumok
Image by : Desy Noviyanti

Sungai merupakan salah satu bentang alam yang ada di Indonesia. Terkenal sebagai negara maritim, Indonesia tak hanya terkenal dengan luas lautannya yang begitu besar, melainkan juga memiliki banyak sungai-sungai yang mengalir di setiap belahan daerahnya.

Lokasi Taman Jumok

Termasuk sebuah sungai yang terletak di Karanganyar, yaitu Sungai Jumok yang berada di wilayah Jumok RT 2 dan RT 3, RW 8, Kecamatan Jaten.

Dulunya, bantaran Sungai Jumok tak seindah seperti sekarang yang menjadi Taman Jumok Warna-Warni Jaten.Dahulu, bantaran Sungai Jumok sangatlah kumuh dan penuh dengan gubuk-gubuk kecil di pinggirannya untuk orang tinggal.

lokasi taman jumok
Image by : Achmad Mutarom

Bantaran Sungai Jumok yang kumuh itu kini berhasil disulap oleh pemerintah daerah menjadi sebuah taman cantik bernama Taman Jumok Warna-Warni. Sekarang tidak ada lagi wajah menyeramkan, kumuh, dan menjijikan di bantaran sungai. Semua telah disulap menjadi sebuah taman yang indah.

Bac juga wisata edukasi : Edupark UMS

Bantaran Sungai di Sulap Menjadi Taman Warna Warni

Setelah Jaten masuk dalam peta kawasan kumuh Rencana Kota Bebas Kumuh (Kotaku) pada tahun 2019, warga sekitar mulai berbenah untuk mengubah wajah bantaran Sungai Jumok menjadi lebih indah. Perubahan ini terjadi di Sungai Jumok, di mana lebih dari 1 miliar rupiah dialokasikan dan digelontorkan untuk pembuatan taman ini.

taman warna warni
Image by : Ariyanto

Rencana Kota Bebas Kumuh (Kotaku) merupakan sebuah rencana jitu untuk mendukung pemerintah daerah, dalam hal ini juga ada SK Bupati, sehingga jika dikelola dengan baik dapat menghasilkan infrastruktur yang sangat bermanfaat bagi peningkatan perekonomian masyarakat.

Oleh karena itu, pemda dibantu dengan seluruh warga sekitar Sungai Jumok bahu membahu mengubah citra kumuh Sungai Jumok menjadi Taman Jumok Warna-Warni Jaten yang indah.

Objek Wisata Taman Jumok

wisata taman jumok
Image by : Suyamto

Pemerintah Daerah Karanganyar membutuhkan waktu selama kurang lebih empat bulan untuk membuat taman ini. Dengan biaya yang cukup fantastis, semua telah berubah menjadi sebuah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan asing maupun mancanegara.

Bantaran Sungai Jumok telah sepenuhnya terpaving rata dan rapi, tidak ada lagi gubuk-gubuk kecil kumuh atau sampah yang berserakan di pinggirnya. Bahkan, pemda telah membuat septic tank komunal agar semua limbah tidak kembali dibuang ke sungai.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar

error: Konten Dilindungi !! Jangan Copas Bos !!