Taman Sari Jogja

taman sari jogja
Image : Michelle Kuan

Jogja memang memiliki destinasi wisata yang sangat banyak sekali. Tidak hanya pantai saja namun beragam objek wisata ada di Jogja. Salah satu objek wisata yang paling sering dikunjungi yaitu Taman Sari Jogja. Di objek wisata ini lengkap akan kultur budaya Jogja sejak zaman dulu.

Mengunjungi Taman Sari Jogja adalah bentuk mengenal budaya dan mempelajari sejarah. Objek wisata ini sangat direkomendasikan bagi yang ingin berwisata ke Jogja maka objek yang satu ini wajib masuk daftar kunjungan. Untuk lokasi, harga tiket dan keunikan dari objek wisata yang satu ini bisa simak dibawah ini:

Lokasi Dan Rute Menuju Taman Sari

Jika ingin ke Taman Sari Jogja maka bisa berkunjung ke alamat Jalan Taman Patehan Keraton Jogja. Untuk menuju kesini sangat mudah, jika dari arah Malioboro maka bisa dengan berjalan atau naik becak menuju alun-alun dekat Keraton Jogja. Jika sudah sampai disana maka bisa menuju ke jalan Ngasem tepatnya di jalan sebelah barat Keraton Jogja.

Kalau sudah nanti bisa belok kiri menuju Jalan Tamanan. Nanti akan ada sebuah gerbang di bagian Barat, nah sampailah pada lokasi objek wisata. Untuk memudahkan sampai ke lokasi alangkah baiknya jika menggunakan jasa sewa motor atau mobil atau bahkan naik becak dan minta antarkan.

lokasi taman sari
Image : Fahri Setiawan

Baca juga wisata sejarah : Monumen Jogja Kembali

Harga Tiket Masuk Dan Guide Tour

Taman Sari Yogyakarta Merupakan sebuah objek wisata yang cantik dan ramai pengunjung. Untuk harga tiket yang ditawarkan sangat murah sekali, cukup dengan uang Rp. 5000,- maka bisa memasuki objek wisata ini. Ini berlaku untuk wisatawan local ya. Bagi wisatawan mancanegara maka biaya yang dikeluarkan untuk tiket masuk sebesar Rp. 12.000,-

Tidak hanya biaya tiket masuk ya yang wajib dibayarkan untuk ke Taman Sari Jogja. Bagi yang membawa kamera juga dikenakan biaya tambahan, tapi tenang saja sangat murah kok yaitu cuman Rp. 2000,- saja. Jika membutuhkan Guide tour di objek wisata ini juga tersedia. Untuk tarif yang dipasang berkisar antara Rp. 25.000,- sampai Rp. 50.000,-.

tiket masuk taman sari jogja
Image : Tribun Travel

Keunikan Yang Ada Di Taman Sari Jogja

Sebuah objek wisata yang memiliki banyak pengunjung tentunya karena ada sesuatu yang ada didalamnya. Nah, kira-kira apa saja hal yang menarik pengunjung untuk tertarik ke objek wisata ini? Simak keunikan yang dimiliki Taman Sari Kota Jogja ini:

1. Terdapat Sebuah Danau Buatan

Jika datang berkunjung kesini maka nanti akan ditemui sebuah danau. Danau yang ada di lokasi ini bukanlah danau alami melainkan danau buatan. Meskipun danau buatan namun sangat indah dan mirip sekali dengan danau pada umumnya.

Danau buatan ini bisa untuk berfoto karena bagus sekali pemandangan danau ini. Wisatawan bisa memilih spot terbaiknya. Biasanya banyak memilih photo dari arah depan danau. Air di danau buatan ini sangat jernih dan segar. Pasti jika kesini pas lagi terik berasa ingin mandi dan langsung terjun ke dasar.

2. Ada Sebuah Masjid Yang Terletak Dalam Tanah

Ada hal lain yang membuat objek wisata ini begitu unik sekali. Di objek wisata ini terdapat sebuah masjid. Masjid ini sangatlah unik karena lokasinya yang berada di dalam tanah. Ada hal seru yang menjadi kesenangan tersendiri yaitu ketika menuju masjid ini harus melewati sebuah lorong yang cukup panjang.

Pastinya hal menarik ini tidak akan ditemukan di objek wisata manapun bukan. Bagi yang takut akan gelap, jangan khawatir meskipun masuk lorong namun ada cahaya matahari yang masuk sehingga lorong tetap terang.

taman sari yogyakarta
Image : Center Travel

3. Bangunan Terbuat Dari Batu

Bangunan yang ada di kawasan objek wisata ini begitu unik. Gimana tidak unik karena material yang digunakan untuk membuat sebuah bangunan adalah sebuah batu yang cukup tebal sekali. Ingin tahu berapa ketebalannya? Untuk ketebalan batu bisa mencapai 1 meter.

Tidak hanya karena bahan material dari batu yang membuat unik. Ada hal lain lagi yaitu bahan perekat batu menggunakan Telur. Jangan berpikir telur matang ya, namun telur yang masih mentah kemudian diambil putihnya. Hal ini yang membuat objek wisata ini sangat unik bagi wisatawan yang datang.

4. Memiliki Arsitektur Bangunan Yang Mempesona

Meskipun sebagian besar bahan bangunan terbuat dari batu namun jangan salah ya. Arsitektur pada bangunan bisa menghipnotis mata yang memandang. Bagaimana tidak, pengunjung bisa melihat bagian istana yang terdapat sebuah tangga. Tangga tersebut terdapat 5 bagian yang memiliki makna tersembunyi.

Ingin tahu apa makna dibalik jumlah tangga pada istana tersebut? Makna bagian tangga yang berjumlah 5 menyimbolkan sebuah rukun islam. Pada bagian pinggir yaitu pada dindingnya ada bentuk-bentuk yang unik dan sangat khas sekali dengan kota Jogja pada zaman dulu kala.

5. Ada Tempat Semedi Raja Di Zaman Dahulu

Mengunjungi Taman Sari Jogja pengunjung bisa melihat tempat semedi yang dulu digunakan oleh para raja. Semedi ini bagian dari tempat yang cukup sakral dan penting bagi raja di zaman dulu. Banyak para raja menghabiskan waktu di tempat semedi tersebut. Saat memikirkan kesejahteraan semua rakyat yang di bawah kepemimpinannya para raja

6. Memiliki Sumur Gumuling

Hal unik yang bisa dinikmati saat berkunjung ke sini maka bisa menemukan sebuah Sumur Guling. Apa istimewanya sumur ini? Dahulu Sumur Gumuling merupakan sebuah sumur yang digunakan pada raja di zaman itu untuk menyucikan diri. Untuk melestarikan budaya dan mengenalkan pada masyarakat, sumur ini di rawat dan bisa dipelajari bagi siapa saja yang berkunjung ke objek wisata ini.

Menarik bukan Taman Sari Jogja ini, untuk yang sudah berkeluarga dan memiliki anak maka objek wisata ini sangat cocok sekali. Bukan hanya itu bagi pelajar juga sangat recommended sekali jika studi tour kesini.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar

error: Konten Dilindungi !! Jangan Copas Bos !!