10 Tempat Wisata di Solo Surakarta Paling Hits 2019

Diposting pada

Solo merupakan salah satu kota di Jawa Tengah. Terletak disebelah kota Jogja, tidak membuatnya lantas tidak diminati wisatawan. Solo memiliki berbagai tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata di solo juga beragam mulai dari wisata alam, wisata religi hingga wisata budaya. Penasaran ? Yuk langsung saja simak tempat wisata Solo yang tak boleh anda lewatkan berikut ini.

Berikut Daftar Tempat Wisata di Solo Surakarta

1. Grojokan Sewu Tawangmangu

grojogan sewu tawangmangu

Alamat : Jalan Raya Tawangmangu, Beji, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar
Tarif/Tiket Masuk : Rp 20.000
Koordinat : -7,6593777, 111, 1313301
Jam Operasional : 08.00 – 17.00
Telepon : (0271) 697051

Wisata solo pertama yang akan dibahas adalah Grojokan Sewu Tawangmangu. Wisata ini merupakan wisata paling favorit warga solo dan wisatawan lainnya. Wisata ini adalah wisata alam berupa air terjun yang tingginya mencapai 80 meter. Di area parkir dan loket masuk wisata ini juga sudah banyak warung makan yang siap menyambut anda.

Di wilayah Jawa Tengah, Air Terjun ini merupakan air terjun yang tertinggi loh. Untuk memasuki wisata ini, pengunjung diharuskan menuruni dan menaiki sekitar 1000 anak tangga. Meskipun terlihat berat, pemandangan selama perjalanan masih sangat asri. Pepohonan yang mengelilingi anak tangga dan udara segar akan membuat siapa saja merasa tenang. Hanya saja, wisata ini tidak bisa dikunjungi oleh orang dengan disabilitas karena belum ada fasilitas memadai seperti jalan untuk kursi roda dan lainnya.

Ada satu mitos mengenai wisata ini. Banyak orang mengatakan bahwa anda tidak boleh mendatangi wisata ini bersama pasangan anda selama anda belum menikah. Hal ini dipercaya akan membuat hubungan yang belum halal akan putus ditengah jalan. Namun mitos hanyalah mitos, nyatanya tidak sedikit pasangan muda yang berwisata di Grojokan Sewu Tawangmangu.

2. Keraton Kasunanan Surakarta

keraton surakarta solo

Alamat : Baluwarti, Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakarta
Tarif/Tiket Masuk : –
Koordinat : -7,5769079, 110, 8273041
Jam Operasional : Setiap hari Senin – Kamis pukul 09.00 – 15.00; Hari Sabtu dan minggu pukul 09.00 – 14.00 (hari jum’at libur)
Telepon : –

Wisata selanjutnya adalah keraton Surakarta. Keraton kasunanan surakarta adalah sebuah wisata sejarah dan budaya yang dibangun oleh Susuhunan Pakubuwana II di tahun 1744 dan menjadi wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Keraton ini dibangun sebagai ganti dari Keraton Kartasura yang hancur dan rusak parah di tahun 1743 akibat kejadian Geger Pecinan. Sampai saat ini, keraton ini masih menjadi tempat tinggal dari Sri Sunan.

Kompleks keraton Surakarta terdiri dari beberapa wilayah bangunan yaitu area Alun – Alun Lor dan Alun – Alun Kidul (digunakan untuk melaksanakan upacara – upacara kerjaaan), Sasana Sumewa (pada zaman dahulu digunakan untuk menghadap pejabat kerajaan / punggawa) , Siti Hinggil Lor dan Siti Hinggil Kidul (terdapat sebuah batu yang dulunya digunakan untuk memenggal kepala Trunajaya dan bangunan Sasana Sewayanan yang digunakan untuk tempat upacara kerjaan bagi punggawa).

Kemadungan Lor dan Kemadungan Kidul (untuk tempat upacara) , Sri Manganti Lor dan Sri Manganti Kidul (terdapat dua arca peninggalan kerajaan yang melindungi bangunan dan cermin besar yang diatasnya terdapat bendera kerajaan serta senjata kerjaan), Kedaton serta Kemagangan. Yang tak boleh terlupa adalah adanya Baluwarti (dinding pertahanan) yang mengelilingi keraton setinggi 3 meter.

Di wisata ini, tersimpan berbagai benda peninggalan sejarah seperti peninggalan penjajah eropa, peninggalan penjajah belanda hingga replika pusaka keraton (karena pusaka asli disimpan oleh raja) yang bisa anda lihat dan pelajari. Selain itu, anda juga bisa mengenal berbagai benda budaya dan tradisi tradisi yang ada di Kasunanan Solo seperti gamelan, kendaraan keraton, tradisi suro, tradisi tahun baru hijriyah dan masih banyak lagi.

3. Museum Manusia Purba Sangiran

museum purba sangiran

Alamat : Jalan Kebayanan II, Krikilan, Kalijambe, Sragen Regency, Jawa Tengah
Tarif/Tiket Masuk : Rp 5.000
Koordinat : -4,4541831, 110,8344018
Jam Operasional : Selasa – Minggu pukul 08.00 -16.00
Telepon : (0271) 6811495

Meskipun letaknya tidak berada persis di Kota Solo, wisata Museum Manusia Purba Sangiran ini masuk dalam daftar wisata solo. Objek wisata edukasi sejarah ini letaknya dekat dengan situs purbakala Sangiran yang sangat terkenal karena sudah ditetapkan menjadi warisan dunia oleh UNESCO. Didalam tempat wisata ini anda bisa melihat berbagai benda peninggalan prasejarah yang ditata apik beserta penjelasannya.

Disini anda juga bisa melihat fosil rahang bawah dari manusia purba yaitu Phitechantropus Erectus. Berbagai koleksi disini berasal dari berbagai zaman dan usia. Satu dari koleksinya bahkan sudah berusia lebih dari 2 juta tahun loh. Wah tentu sangat menarik untuk dikunjungi, apalagi jika anda berwisata bersama anak-anak.

Selain menjadi tempat wisata, museum ini juga dijadikan suatu pusat penelitian oleh para arkeolog baik dalam maupun luar negeri untuk membongkar kehidupan manusia zaman prasejarah yang hingga saat ini masih abu-abu. Pda hari senin, museum ini tutup karena kegiatan akan difokuskan pada penelitian para arkeolog.

4. Taman Sriwedari

taman sriwedari solo

Alamat : Jalan Slamet Riyadi, Sriwedari, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah
Tarif/Tiket Masuk : Rp 12.000
Koordinat : -7.5683854, 110.8101991
Jam Operasional : Setiap hari pukul 10.00 – 22.00
Telepon : –

Taman Sriwedari merupakan objek wisata kota Solo yang sangat terkenal. Bagaimana tidak, pada tahun 1948 saja, tempat ini sudah menjadi tempat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON). Taman ini difungsikan sebagai pusat hiburan, seni dan budaya untuk warga solo dan sekitarnya. Taman Sriwedari biasanya digunakan sebagai tempat penyelenggaraan hiburan malam selikuran yang rutin digelar warga solo.

Di dalam area taman Sriwedari, terdapat Gedung Wayang Orang atau GWO yang digunkan untuk menyelenggarakan pertunjukan wayang orang. Gedung ini juga memiliki keunikan yaitu pada dinding bagian atas kanan dan kiri, terdapat lukisan yang menceritakan salah satu kisah di Mahabaratha yang memiliki judul “Kresno Duto”. Di sekitar taman ini juga terdapat banyak pedagang makanan khas solo seperti nasi liwet, selat solo dan bistik solo. Jadi, setelah berwisata, anda tidak perlu khawatir kelaparan.

5. Kampung Batik Kauman

kampung batik kauman

Alamat : Jalan Cakra, Kauman, Solo
Tarif/Tiket Masuk : Rp 5.000
Koordinat : -7.57313, 110.82530
Jam Operasional : Senin – Minggu pukul 08.00 – 22.00
Telepon : –

Mengunjungi kota solo tentunya kurang lengkap jika anda tidak membeli batik. Ya, batik solo memang sudah terkenal bahkan menjadi landmark dari kota solo sendiri. Jika anda tidak hanyak ingin membeli batik, namun juga ingin mengetahui proses pembuatan kain batik secara langsung, anda bisa datang ke Kampung Batik Kauman. Wisata ini terletak tidak jauh dari keraton solo. Pengrajin batik disini kebanyakan memproduksi batik tulis, batik cap dan batik motif modern yang didominasi dengan warna gelap.

Kualitas batik yang diproduksi disini tentu sudah tidak dapat diragukan lagi. Kampung batik kauman merupakan produsen batik yang sudah sering mengirimkan produknya keluar negeri alias impor. Harga batik disini juga beragam mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah tergantung dari jenis kain dan kerumitan coraknya.

Kampung Batik Kauman seringkali mengadakan workshop pembuatan batik yang dibuka untuk umum. Di kampung batik kauman ini, anda juga bisa memesan batik dalam jumlah besar (grosir) untuk dijual lagi. Harga yang ditawarkan tentunya berbeda dengan harga untuk kain batik satuan.

6. Pura Mangkunegaran

pura mangkunegaran

Alamat : Jalan Ronggowarsito, Keprabon, Banjarsari, Surakarta
Tarif/Tiket Masuk : Rp 10.000 (domestik), Rp 18.000 (mancanegara). Ada biaya tambahan untuk penggunaan kamera professional.
Koordinat : -7,555838, 110.810632
Jam Operasional : Setiap Hari pukul 09.00 – 14.00 kecuali jum’at tutup pukul 12.00
Telepon : 0271-6422016

Pura Mangkunegaran adalah tempat tinggal resmi dari pemimpin Kadipaten Praja Mangkunegaran yang sekaligus menjadu pusat seni dan budaya dari kota Solo. Didalam Istana megah ini juga terdapat banyak peninggalan kerajaan mataram dan majapahit mulai dari kereta kerajaan, senjata, meriam, hingga barang barang kecil seperti gerabah dan perhiasan.

Saat masuk ke wilayah Pura, anda akan disuguhkan halaman yang sangat luas (biasa digunakan untuk acara / upacara Kadipaten) yang didepannya terdapat bangunan megah dengan arsitektur khas eropa-jawa. Di depan bangunan tersebut terdapa satu pendopo yang terdapat seperangkat gamelan terkenal yaitu Gamelan Kyai Kanyut Mesem.

Tempat ini setiap harinya juga digunkanan sebagai tempat latihan dari sanggar tari tradisional yang bisa ada saksikan. Dan disetiap hari Rabu, kadipaten secara khusus menyediakan pertunjukan gamelan rutin. Untuk anda yang tidak tau harus mulai mengunjungi pura mangunegaran dari mana, anda tidak perlu khawatir karena tour guide akan langsung menyembut anda begitu anda mendapatkan tiket masuk. Ingin merasakan sensasi makan malam khas raja ? anda juga bisa memesan paket Royal Dinner yang pastinya akan membuat anda puas.

7. Kebun Binatang Taru Jurug

taman satwa taru jurug

Alamat : Jalan Ir. Sutami, Kentingan, Jebres, Solo
Tarif/Tiket Masuk : Rp 8.000
Koordinat : -7.5631, 110.8602
Jam Operasional : 07.00 – 17.00
Telepon : (0217) 636279

Berbeda dengan wisata sebelumnya, wisata yang satu ini justru kurang terkenal di Solo. Kebanyakan pengunjung adalah warga lokal yang ingin berwisata murah namun menyenangkan. Kebun binatang Taru Jurug merupakan tempat wisata ramah anak yang terletak disebelah kampus Universitas Sebelas Maret. Kebun binatang ini didirikan atas perintah Sultan Hamengkubuwono X pada tahun 1870 yang difungsikan sebagai tempat penangkaran flora dan fauna sekaligus wisata yang dapat mengedukasi anak anak.

Meskipun kurang terkenal, koleksi hewan di kebun binatang ini sangat lengkap dan sangat terawat loh. Contohnya saja ada harimau sumatera, igunana, komodo, gajah hingga koleksi burung yang ditelakkan disuatu taman bersangkar. Selain melihat dan belajar tentang hewan, anda juga bisa menaiki gajah yang akan mengajak anda mengilingi kebun binatang.

Pada hari hari tertentu, wisata ini juga mengadakan pertunjukan seperti pertunjukan lumba – lumba atau pertunjukan anjing laut.

8. Pasar Klewer

pasar klewer

Alamat : Jalan Dr. Radjiman Surakarta, Solo, Jawa Tengah
Tarif/Tiket Masuk : –
Koordinat : -7.3431, 110.4636
Jam Operasional : Setiap hari pukul 08.00 – 17.00
Telepon : 085867112933

Wisata Belanja lainnya yang ada di solo adalah pasar klewer. Pasar terbesar di kota solo ini memang tidak boleh terlewat jika anda sedang berada di solo. Pasar klewer ini tentunya menyediakan beragam oleh – oleh khas solo mulai dari kain batik hingga pernak pernik khas solo seperti gantungan kunci dan makanan ringan.

Pasar klewer sangat terkenal dengan penyedia item fashion tradisional yang tidak kuno. Anda bisa membeli item fashion dari ujung kepala seperti topi dan jilban hingga bagian bawah seperti sandal dan sepatu. Didalam pasar klewer ini juga ada banyak tukang jahit yang siap membuatkan baju dari kain batik yang sudah anda beli dengan model sesuai dengan selera anda.

Ketika anda berada di pasar klewer, anda harus berhati hati karena banyak pencopet yang berkeliaran disini. Berbelanja di pasar klewer juga tidak akan membuat kantong anda jebol. Harganya yang murah serta bisa ditawar tentu akan membuat anda betah berbelanja disini.

9. Museum Batik Danar Hadi

museum batik danar hadi

Alamat : Jalan Brigjen Slamet Riyadi No. 261, Sriwedari, Solo
Tarif/Tiket Masuk : Rp 25.000
Koordinat : 7.5688, 110.8163
Jam Operasional : Setiap Hari pukul 09.00 – 16.30
Telepon : (0271) 714326

Rekomendasi tempat wisata selanjutnya adalah Museum batik Danar Hadi. Danar Hadi sendiri adalah salah satu perusahaan batik besar dari solo yaitu PT Danar Hadi dan koleksi yang dipajang di museum ini merupakan koleksi pribadi dari pendiri perusahaan, H. Santoesa Doellah. Bangunan ini berlokasi di dekat Ndalem Wuryaningratan (salah satu cagar budaya Kota Solo).

Museum ini sendiri menyimpan lebih dari 10.000 jenis dan motif batik yang berbeda mulai dari perbedaan jenis kain, kultur budaya dan periode pembuatan batik. Museum ini ingin menunjukkan kepada masyarakat betapa kaya dan indahnya ragam motif batik yang ada di Indonesia. Pada bagian belakang Museum, terdapat pabrik batik tulis dan cap dari PT Danar Hadi yang bisa dimasuki oleh pengunjung.

Pabrik ini biasa digunakan oleh para siswa untuk melakukan karyawisata. Selain mempelajari batik, anda juga bisa membeli batik produksi pabrik ini loh. Karena langsung dari pabrik, harga yang ditawarkan pun pastinya berbeda dengan harga yang beredar dipasaran.

10. Ngarsopuro Night Market

ngarsopuro night market

Alamat : Jalan Diponegoro, Banjarsari (Selatan Pura Mangkunegaran)
Tarif/Tiket Masuk : –
Koordinat : 7.5688, 110.8223
Jam Operasional : Setiap Hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 18.00 – 02.00
Telepon : –

Tempat wisata yang terakhir adalah Ngarsopuro Night Market. Wisata ini merupakan pasar sabtu dan minggu yang menawarkan wisata belanja dan wisata kuliner dalam satu tempat. Sesuai namanya, pasar ini hanya buka di malam hari. Disini, anda bisa membeli oleh-oleh khas solo mulai dari batik tradisional, aksessoris dan barang barang kerajinan. Setelah berbelanja anda bisa mengunjungi booth makanan yang menjual beragam kuliner mulai dari kuliner tradisional hingga kuliner modern.

Di Solo sendiri, tempa ini sering dijadikan tempat tongkrongan bagi anak muda seperti mahasiswa, komunitas hingga aktivis-aktivis loh. Terkadang banyak aksi pertunjukan seni yang ditampilkan untuk menghibur pengunjung seperti pengamen jalanan modern, tari-tarian hingga aksi musikalisasi puisi.

Nah itulah tadi ulasan lengkap mengenai Tempat Wisata Solo yang Tidak Boleh Anda Lewatkan. Semoga Informasi diatas dapat membantu. Selamat Berlibur !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *